Solusi Mengatasi Bootloop dan Blank "Hang" Asus Zenfone 4

GUBUK KANG ARIF >> Hai sobat, kali ini saya ingin membagi pengalaman seputar gadget android khususnya dari keluarga Zenfone yang paling kecil yaitu Asus Zenfone 4.
Alkisah malam itu saya mendapat pesan bbm dari adik saya yang kurang lebih isinya seperti ini
"Mas hapeku kok jadi sering blank ya, kalau direstart juga malah stuck aja, bisa benerin ga?".
dan saya pun menyanggupinya, datanglah dia kekos saya waktu itu juga sedang mengerjakan tugas kuliah yang akhirnya harus dipending bentar demi adik ... aseeek :D
keadaan handsetnya saat itu dalam keadaan ter-Root, saya cek sana sini ternyata software SuperSu nya dalam keadaan terdisable alhasil firmware handsetnya jadi tak stabil, hal tersebut yang menyebabkan handsetnya sering blank "Hang". ketika saya coba restart handsetnya hanya berhenti sampai logo asus saja yang berarti handset tersebut mengalami masalah "bootloop".


penyakit "Bootloop" merupakan penyakit setia semua pengguna android yang hobi mengotak-atik baik software maupun firmware dari handset android. secara sederhana "Bootloop" diartikan kegagalan system android dalam mengeksekusi perintah yang ada dalam firmware handset android yang berakibat pada gagalnya proses booting sehingga tidak bisa masuk ke menu utama seperti gambar layar asus diatas hanya berhenti dilogo asus tidak bisa masuk ke menu utama.
berdasarkan kasus handset yang adik saya punya, disini saya akan membagi Solusi Mengatasi Bootloop dan Blank "Hang" Asus Zenfone 4.

>> Mengatasi Blank "Hang" Asus Zenfone 4<<
1. Bila handset sobat masih dalam keadaan menyala dan dalam keadaan ter-Root, pastikan melakukan un-Root terlebih dahulu sampai sukses.
2. setelah un-Root sukses tapi handset masih sering Blank, dapat diatasi dengan cara Factory Reset melalui Droid Boot, yaitu dengan cara handset dalam keadaan mati, tekan tombol power dan volume up secara bersamaan, tahan sebentar sampai keluar logo robot android lagi nyengir, pilih factory reset. selesai.


>>Mengatasi Bootloop Asus Zenfone 4<<
Bila sobat mengalami masalah Bootloop, ada dua cara untuk mengatasinya, yang pertama dengan cara factory reset, cara kerjanya sama dengan langkah nomor 2 diatas, jika setelah factory reset masih belum sembuh, langkah selanjutnya yang harus sobat tempuh adalah dengan cara Flash Ulang Firmware Handset sobat, bagi yang sobat yang belum tahu, Flash Ulang adalah menginstal ulang Firmware Handset sobat dengan maksud untuk mengembalikan fungsi android seperti semula jika firmware bawaan handset sobat mengalami kerusakan. lanjut ketutorialnya bro.

Bahan-bahan yang diperlukan.
1. Handset sobat yang mengalami bootloop pastinya :D
2. micro SD
3. Laptop/Komputer
4. Firmware Zenfone 4 Kitkat download disini dan Firmware Zenfone 4 Jelly bean disini
5. Kopi panas yang pahit :D

Langkah Eksekusi.
1. Pastikan versi android terakhir handset sobat sebelum bootloop, apakah KitKat atau Jelly bean, karena jika versi android handset Jelly Bean tapi di Flash ulang dengan Firmware Kitkat akan tetap Bootloop. download Firmware pada bahan no.4 sesuai versi android handset sobat. *Kedua Firmware diatas khusus untuk versi SKU WW.

2. Setelah download selesai, angkat lalu tiriskan eh salah, pastikan nama filenya sudah tepat seperti dibawah ini.
A400CG_all_WW_user_V4.3.11.raw untuk JellyBean
A400CG_all_WW_user_V6.5.27.raw untuk Kitkat
masukkan Firmware tersebut kedalam micro SD, letakkan pada direktori terluar jangan dimasukkan kedalam folder, kemudian masukkan microSD ke handset sobat.

3. Pastikan daya baterei handset sobat dalam kondisi penuh, bisa juga diantisipasi dengan mencolokkan charger.

4. Masuk ke Mode DROID BOOT dengan cara menekan tombol POWER dan Volume Up secara bersamaan sampai terlihat robot ijo nyengir pke helm proyek :D. Setelah masuk pada tampilan DROID BOOT, scroll kebawah dengan menekan tombol volume down, pilih SD Download, tekan tombol power untuk mengeksekusi. tampilan droid boot setelah robot ijo seperti dibawah ini.



5. Dibarengi dengan terus mengucap doa dan "Harap2Cemas" tunggu proses Flash sampai selesai.

6. Bila proses flash tidak berjalan dan ada pesan ERROR: can't find image file berarti ada kesalahan seperti kartu microSD tidak terbaca dan nama filenya belum benar.

7. Setelah proses flash ulang selesai yang ditandai dengan handset bisa masuk kemenu utama, maka selesai sudah ritual pengobatan penyakit Bootloop handset sobat.

*Factory Reset dan Flash Ulang dapat menghapus data-data yang ada pada handset sobat, lakukan backup terlebih dahulu bila dirasa perlu.

demikian Sharing Info dari saya semoga bermanfaat.


5 comments:

  1. Makasih bang, sudah dicoba dan berhasil.

    ReplyDelete
  2. suhu, minta link zenfone4 v6.3.3 kitkat. trimakasih....

    ReplyDelete
  3. bang, cara back up datanya kalo keadaan hp bootloop gimana?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.