Cara Terbaru Memasang Fanpage Facebook Diblogger

hallo sobat setia pembaca gubuk kang arif, kali ini saya mau share cara pasang fanpage facebook diblog kalian, so simak aja trus (jangan lupa nyangking kopi :D)

hampir semua orang kenal sama yang namanya facebook, apapun yang mereka lakuin pasti pengen cepet dishare disosial media yang satu ini, tak terkecuali dengan sobat blogger semua, pasti pada pengen blognya terkoneksi dengan facebook, ngaku dah .. hehe, memang setiap kita buat sebuah blog pasti target yang pengen kita capai adalah pengen dapat fans sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak yang kenal sama blog kita berefek juga sama rating blog kita.

BACA JUGA: Cara Mudah Mencari Kode HTML di Template Blog

tutorial yang akan saya share kali ini bukan tentang "LIKE BOX", karena aplikasi milik facebook tersebut sudah dinonaktifkan sejak 23 juni 2015 lalu, so aplikasi facebook yang akan saya bahas kali ini merupakan aplikasi terbaru yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan yang lama yaitu membuat fanspage facebook di blog, oke kita mulai tutorialnya..
sebelum membuat fanspage, pastikan sobat sudah punya halaman fanspagenya terlebih dahulu, kalau belum silahkan buat halaman fanspagenya terlebih dahulu disini
tampilan halaman fanpage awalnya seperti dibawah ini.
tinggal pilih jenis fanspage nya, ikutin aja perintah selanjutnya. setelah fanspage nya jadi, langsung lanjut ke cara membuat fanspage facebooknya agar bisa dimasukkan kedalam blog sobat, sebenarnya untuk membuat fanspage facebook di blog ada dua cara yaitu dengan aplikasi "Like Button" dan "Page Plugin", yang membedakan hanya bentuk tampilan widgetnya, tampilan menunya seperti dibawah ini 

mari kita bahas tutorialnya satu persatu.

1. "Like Button"
Like Button merupakan aplikasi facebook mini yang bisa dipasang diblog, wordpress maupun website yang memiliki fungsi sebagai media like dan share saja, mengapa saya sebut mini dilihat dari nama aplikasinya saja dinamain Like Button atau kalau dalam bahasa Indonesia disebut tombol suka, so tampilane juga cuma terdiri dari tombol like dan share saja tanpa ada foto profil ataupun cover fanspage, cara menggunaan aplikasi "Like Button" sebagai berikut. sobat masuk ke alamat dibawah ini.
kemudian akan muncul tampilan pengaturan seperti dibawah ini
masukkan alamat URL fanpage facebook sobat, tentukan tinggi lebarnya gadget yang nanti akan ditampilkan diblog sobat, kemudian centang dua pilihan pengaturan sesuai selera sobat, setelah sekiranya semua pengaturan selesai klik "Get Code", akan tampil code HTML seperti dibawah ini.

kemudian copy kedua kode diatas kedalam gadget HTML/Javascript blog sobat, klik simpan dan selesai jadi sudah "Like Button" nya sobat.

2. "Page Plugin"
Page plugin merupakan salah satu jenis aplikasi fanspage facebook yang dapat dipasang diblog, wordpress ataupun web, karena aplikasi "Page Plugin" juga sama seperti "Like Button" yaitu menggunakan kode HTML dalam penggunaannya, yang membedakan "Page Button" dengan "Like Button" ada pada bentuk tampilan widgetnya, jika tampilan "Like Button" hanya terdiri dari tombol like dan share, sedangkan "Page Button" ada foto profil dan cover dari fanspage yang sobat telah buat sebelumnya. cara menggunakan aplikasi "Page Button" sebagai berikut. sobat masuk ke alamat dibawah ini.
 kemudian akan muncul tampilan pengaturan seperti dibawah ini

setelah muncul tampilan seperti gambar diatas, sobat langsung isi Facebook Page URL dengan alamat fanspage facebook sobat, kemudia ukuran tinggi dan lebar kolom widget sesuai selera sobat, yang ada padagambar diatas bukan patokan lho hehe, ada pilihan menunya juga seperti Adapt to Plugin Container Width, Show Friend's Faces, Use Small Header, Hide Cover Photo dan Show Pages Posts, centang sesuai selera sobat.
setelah semua pengaturan sesuai dengan keinginan sobat klik "Get Code" akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
copy kedua code plugin HTML yang tertera, pastekan kedalam gadget HTML/Javascript yang ada pada blog sobat, klik simpan dan taraaaaa jadi deh
sekian dulu tutorialnya, keep blogging, keep sharing dan tetep semangat sobat..





1 comment:

Powered by Blogger.